Thursday, March 18, 2010

Again, my Last Assignment part V

Penguins Kebingungan melanda para Skripsi-ers
   
    Skripsi ini semakin mengambang serasa, karena belum jelas akan di bawa kemana arah tujuan akhir yang membawa bau Information Technology for Professional Degree (S1 maksudnya). Tujuan yang pasti aku tahu adalah aku ingin mengenalkan isi Ensiklopediaku mengenai Kerajaan-Kerajaan yang ada di Jawa Tengah beserta peninggalan-peninggalan yang begitu memukau kepada masyarakat domestik maupun manca, agar tak ada lagi pengakuan-pengakuan tak bertanggung jawab dari negara terhadap Indonesia.

   Semenjak dosen Pembimbing I ku kurang dapat membimbing para mahasiswa yang dibimbingnya (tidak hanya aku), aku diberi rekomendasi untuk bertanya-tanya pada dosen S2 lain yang lebih pro pada visual atau tampilan yang ditekankan, sepertinya dosen pembimbing I ini belum dapat meng-handle judul skripsi yang aku usung. Beliau mengatakan, “saya tidak bisa membimbing kalau kamu hanya melakukan tampilan visualnya, kalau soal proses saya masih bisa membimbingmu.” Namun, aku masih saja belum menemukan proses yang beliau inginkan, aku pernah minta solusi, yah tapi beliau menyarankan untuk aku mencari sendiri hal tersebut. Menurut pendapat aku, tugas dosen pembimbing itu adalah membimbing, memberi penerangan, penjelasan sejelas-jelasnya untuk yang dibimbing serta memberi arahan, bukan malah membuat hati mahasiswa bertanya-tanya tak karuan dalam hati dengan tekanan mencari ke berbagai sumber dan belum menemukan hasilnya yang dimaksud oleh sang pembimbing.
    Saat aku mohon pencerahan dosen S2 yang begitu baik, beliau memberi solusi, tentang Ensiklopedia yang menggunakan Web 2.0(baca: Two Point O), dimana pada Web 2.0 ini lebih banyak yang berkontribusi adalah sang user alias penjelajah dunia maya. Banyak keuntungan dari Web 2.0 seperti memanjakan user juga manfaat lain salah satunya, menghemat bandwith. Sekarang waktunya mencari banyak jurnal tentang sejauh mana hendak membuat ensiklopedia berbasis Web 2.0. Dalam interaksi yang akan banyak mengajak user ikut berkolaborasi adalah, seperti Wikipedia dimana Ensiklopedia itu dapat di Sunting, Editing oleh user yang telah menjadi member. Namun, ada hal yang mengganjal pastinya dimana apabila seperti Wikipedia yang semua member dapat berkontribusi untuk menulis berita, kejadian, sejarah. Hal tersebut belum dapat dipastikan ke outentikannya, jadi mungkin yang lebih tepat diberi Forum. Forum layaknya Kaskus (belum terpikir pula kelebihan serta kekurangan dari Ensiku ini, cara membuatnya?) Juga sempat terinspirasi membuat Peta jadi Ensiklopedia ini berbasis Pemetaan Jawa Tengah. User akan senang menge-klik bagian Kerajaan-Kerajaan di Jawa Tengah.
     Begitu Sekilas hari ini.
Pasti Bisa Meraih Cita dan Mimpi ini, asal di Niati…
Aku Pasti Bisa ~~ Senyum

No comments:

Post a Comment